BANJARMASIN, shalokalindonesia.com – Kebun Binatang Mini (KBM) Jahri Saleh yang berada di kawasan Sungai Jingah, Banjarmasin Utara. Kabarnya akan direncanakan pemindahan ke tempat lain.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin, Yuliansyah Efendi, menyampaikan wacana pemindahan (KBM) Jahri Saleh yang menilai lokasi KBM yang berada di tengah permukiman warga kurang representatif, karena menghasilkan suara dan limbah dari kegiatan di sana. Selain itu, luasan KBM juga dinilai tidak mencukupi secara teknis sebagai lembaga konservasi.

Yuliansyah mengatakan, hasil evaluasi dari BKSDA telah disampaikan kepada pimpinan. “Makanya kita juga sudah konsultasi dengan pimpinan bahwa kemungkinan ada revitalisasi ke tempat lain,” bebernya.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa luas lahan yang tersedia tidak memadai secara teknis untuk menjalankan fungsi konservasi. Menanggapi hal tersebut Pengurus Taman Satwa Kebun Binatang Jahri Saleh, Hidayat Aang, ketika diminta tanggapan menolak memberikan keterangan lebih lanjut.

“Anda bisa menemui pihak lain yang lebih berkompeten atau menemui Kepala DKP3 langsung untuk memberikan keterangan tersebut,” singkatnya ketika dihubungi via WhatsApp.

Rencana pemindahan (KBM) telah terdengar warga sekitar dan para pedagang kecil dekat yang merasakan dampak positif dan negatif dari adanya (KBM) sendiri sejak lama.

“Sudah lama jualan dekat (KBM) Jahri Saleh merasa diuntungkan karena pengunjung biasanya mampir beli jajanan disekitar sini. Tapi sedikit merasa terganggu dengan banyak nyamuk dekat (KBM) ini,” ujarnya kepada shalokalindonesia.com (19/4/2024).

(shalokalindonesia.com/NRZ)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *