BALANGAN, shalokalindonesia.com-Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) laksanakan kegiatan Festival Banua Sanggam.

Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 4-6 September 2023 di Ruang Terbuka Hijau Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balangan setiap harinya, mulai pukul 08.00 s/d 22.00 Wita.

Pada pembukaan yang dilaksanakan Senin (04/09/2023), diawali dengan pawai budaya dari ratusan para pelaku seni di Kabupaten Balangan, usai gong tanda pelepasan oleh Bupati.

Bupati Balangan, H Abdul Hadi memberikan apresiasi kepada Disdikbud Balangan yang telah bekerja keras dan berkolaborasi dengan berbagai pihak sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Dimana pada era globalisasi dan modernisasi, ujar Abdul Hadi, nilai-nilai budaya adat istiadat sedikit demi sedikit mulai termakan zaman, yang bisa mengakibatkan hilangnya identitas kedaerahan yang dikenal dari budaya dan adat istiadatnya.

“Kita harus selalu menjaga dan mempertahankan warisan budaya dan adat istiadat kedaerahan yang ada agar tidak tergerus, selain itu juga hal ini akan memperkenalkan kepada masyarakat luas secara global bahwasanya budaya kita tak kalah hebat dengan budaya lainnya”, ungkapnya.

Ia berharap, warisan budaya daerah yang menjadi identitas harus terus dilestarikan dengan melakukan kegiatan-kegiatan secara intensif, yang tentu dapat menarik minat dan animo masyarakat untuk melihat, mengabadikan dan menyebarluaskan tentang budaya kepada masyarakat luas.

Senada, Kepala Disdikbud, H Abiji menyampaikan, selama pagelaran Festival Budaya Banua Sanggam ini selain memperkenalkan budaya daerah, dan juga stand UMKM, juga menghadirkan pelaku budaya asal kalimantan yang sudah memiliki nama di kancah nasional.

“Pagelaran Festival Banua Sanggam ini bertujuan untuk mengenalkan budaya dan juga memberikan wadah seluasnya bagi para pelaku budaya, selain itu juga para pelaku UMKM, guna mendukung peningkatan ekonomi daerah, dan tak kalah menarik lagi kami juga menghadirkan Uyau Moris dan Tommy Kaganangan. (rls)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *