BANJARBARU, shalokalindonesia.com– Diwarnai guyuran hujan di beberapa daerah, pergantian tahun baru 2023 ke 2024 berlangsung aman dengan pasokan listrik andal, salah satu momen penting setelah perayaan malam Natal tahun 2023 yang juga sukses terjaga keandalan listriknya.

Hal ini merupakan buah hasil kerja keras PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah yang berupaya melakukan persiapan yang prima jauh hari sebelumnya demi menyukseskan momen tersebut.

Suksesnya pengamanan suplai listrik ini disampaikan oleh General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin sesaat setelah mengikuti kegiatan Manajemen Menyapa Malam Tahun Baru yang dipimpin oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasojo secara virtual pada Minggu 31 Desember 2023.

“Kami bersyukur, pasokan listrik di malam pergantian tahun ini dalam kondisi aman meski beberapa daerah terjadi hujan namun semuanya tetap dalam kondisi normal,” ujar Joharifin saat berada di Posko Siaga PLN UID Kalselteng, Banjarbaru, Senin 1 Januari 2024 dini hari.

Joharifin menyebutkan pasokan listrik yang digunakan oleh pelanggan pada malam tahun baru 2024 ini berada di angka 1.474,3 _Mega Watt_ (MW) dan daya mampu yang dimiliki oleh Sistem Kelistrikan Interkoneksi Kalselteng – Kaltim adalah 1.842,7 MW sehingga masih memiliki cadangan sebesar 368,4 MW.

“Jika dibandingkan dengan beban puncak tahun lalu, ada kenaikan sebesar 22 persen, sebab beban puncak pergantian tahun lalu ada di angka 1.204,3 MW,“ tutur Joharifin.

Kenaikan beban puncak ini menjadi sinyal baik untuk pertumbuhan ekonomi, sebab semakin tingginya penggunaan listrik tentu akan berimbas pada meningkatnya pendapatan asli daerah (PAD) melalui pajak penerangan jalan, sambungnya.

Untuk menyukseskan suplai listrik yang andal pada malam pergantian tersebut, PLN UID Kalselteng telah menyiapkan total sebanyak 180 posko didirikan di berbagai lokasi vital dengan melibatkan 1.955 personel yang siap siaga membantu masyarakat apabila terjadi kendala kelistrikan baik di rumah maupun di lokasi lainnya.

“Kami juga telah menyediakan sebanyak 42 Unit Genset, 6 unit UPS, 25 Unit Gardu Bergerak (UGB), 3 Unit Kabel Bergerak (UKB), 225 Unit mobil dan 124 motor operasional, serta 5 unit _mobile crane_,” sebut Joharifin.

Perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan salah satu momen yang menjadi fokus siaga oleh PLN dalam menjaga komitmen untuk menghadirkan listrik yang andal. Dengan seluruh petugas, peralatan dan material yang dimilik serta suplai listrik yang mencukupi, PLN siap mengawal suksesnya momen-momen besar dan seluruh kegiatan masyarakat.

“Atas nama keluagra besar PLN UID Kalselteng, kami mengucapkan selamat Tahun Baru 2024, semoga di tahun-tahun selanjutnya kami dapat melayani pelanggan dengan lebih baik lagi,” pungkas Joharifin.

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *