BANJARMASIN, shalokalindonesia.com– Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor apresiasi ragam inovasi Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalsel yang memudahkan pelayanan untuk masyarakat.

Inovasi layanan Samsat Drive Thru dan Samsat Bayar Malam (Samalam) tersebut diresmikan oleh Gubernur yang akrab disapa Paman Birin melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nurul Fajar Desira, pada acara Gebyar Samsat Banjarmasin II, Senin (18/3).

”Semoga dengan hadirnya berbagai inovasi, dari Bapenda Kalsel, terlebih inovasi tersebut berkaitan dengan layanan masyarakat, dapat berjalan dengan baik dan lancar,” harap Paman Birin melalui sambutan yang disampaikan oleh Fajar.

Paman Birin juga mengingatkan bahwa inovasi bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan.

”Ingat, inovasi itu sifatnya memudahkan,” ingat Paman Birin.

Terlebih ujar Paman Birin, pajak memiliki peranan penting dalam pembangunan sebagai salah satu bagian terbesar dari pembangunan negara.

Oleh karena itu sudah seharusnya pelayanan terkait pajak dipermudah, agar masyarakat rajin untuk melaksanakan kewajibannya dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

”Pajak merupakan salah satu bagian terbesar dari penerimaan negara, untuk membiayai pembangunan, oleh karena itu kita harus melakukan berbagai inovasi, agar penerimaan pajak dapat dilakukan secara maksimal,” sampai Paman Birin.

Paman Birin juga menyampaikan, dirinya tidak ingin masyarakat dikecewakan dengan pelayanan yang kurang baik dan rumit, yang dapat berakibat pada masyarakat enggan membayar pajak ataupun melakukan balik nama kendaraan bermotor.

Sementara itu, Kepala Bapenda Kalsel, Subhan Nor Yaumil dalam laporannya menyampaikan bahwa inovasi Samsat Drive Thru dan Samalam merupakan langkah maju untuk mendukung dan memudahkan masyarakat dalam urusan administrasi kendaraan bermotor.

Untuk Samsat Drive Thru, masyarakat bisa melakukan urusan administrasi kendaraan bermotor, tanpa harus turun dari kendaraan.

Sedangkan untuk Samsat Bayar Semalam, atau Samalam, diadakan untuk membantu masyarakat yang tidak memiliki kesempatan untuk melakukan pengurusan administrasi kendaraan di siang hari.

”Kami menyadari bahwa banyak dari kita memiliki kesibukan sehari-hari yang membuat sulit untuk mengurus pajak kendaraan bermotor. Dengan layanan ini, masyarakat di Kalsel dapat melakukan pengurusan pajak pada sore dan juga malam hari,” sampai Subhan.

Subhan juga menyampaikan bahwa Bapenda juga berencana untuk membangun Samsat Digital kedua di Indonesia. Diketahui saat ini Samsat Digital hanya ada di Provinsi Jawa Barat.

Dalam giat Gebyar Samsat Banjarmasin II ini juga diadakan pemberian hadiah kepada Wajib Pajak yang taat pajak, dengan beragam hadiah seperti barang elektronik rumah tangga dan grand prize satu buah sepeda motor.

Untuk grand prize satu buah sepeda motor merk Yamaha Mio, berhasil didapatkan oleh Ahmad Rifani yang berprofesi sebagai driver ojek online. (shalokalindonesia.com/Adpim)

FOto : M. Rezky Maulidja

Iklan

Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *