SHALOKAL.INDONESIA, BANJARMASIN- Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan menerima Kunjungan dari Dispusip Kabupaten Tanah Laut, Selasa (3/1/2023)

Rombongan Dispusip Kab. Tanah Laut yang datang berkunjung sebanyak 4 orang yang diketua oleh Hj.Ratmi Saridi ( Sub.Koordinator Layanan Dispusip Kab. Tala), rombongan ini diterima oleh Arbayah selaku sub koordinator pembinaan perpustakaan Dispersip Kalsel,

Ketua rombongan, Ratmi mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan ini adalah koordinasi dan konsultasi terkait metodologi penelurusan naskah kuno dan teknik.

“Setiap daerah masih menyimpan naskah kuno dalam jumlah yang cukup banyak. Sebaran naskah kuno hampir terdapat pada semua wilayah kepulauan Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Tanah Laut Sendiri, walaupun jumlah naskah kuno pada masing masing wilayah tersebut tidak sama jumlahnya,” katanya.

Kata dia, naskah kuno juga dapat dinyatakan sebagai dokumen suatu bangsa, karena dokumen sendiri diantaranya diartikan sebagai suatu tulisan yang memuat informasi penting.

Oleh karena itu kami langsung datang ke Perpustakaan Daerah Kalimantan Selatan yang sangat bagus dalam menangani naskah kuno ini.

Arbayah langsung membawa rombongan ini kedaerah deposit Perpus Palnam ini, dan bertemu dengan petugas pelayanan Deposit M. , Ade Christy A.Md sebagai pemandu

Ade mengatakan bahwa cara perawatan naskah kuno Dispersip Kalsel dalam bentuk alih media buku digital dan dicetak kembali/Ulang dan buku tersebut ber umur ± 50 thn.

Selain itu juga dilakukan dengan cara Penelusuran naskah kuno yang ada di Dispersip Kalsel biasanya dilakukan melalui hunting buku ke Dinas pariwasita/pendidikan/Dispersip kab/kota se Kalsel dan pendekatan kepada Ahli waris/Masyarakat yang mempunya naskah kuno berupa buku yg mana naskah tersebut mempuyai nilai historis/sejarah dan juga sosialisasi yang diadakan oleh Dispersip Kalsel. (SI)

Editor: Erma Sari, S. Pd
Ket foto: Perpustakaan Palnam

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *