BANJARMASIN, shalokalindonesia.com- Posyandu Lansia Senyum Ceria telah kedatangan Ketua Yayasan Baitul Mal PT PLN UP3 Banjarmasin Ibu Maskiyem yang sekaligus juga salah satu pejabat teras di Lingkungan PT LPN Up3 Banjarmasin.

(Foto: Ketua YBM, Ibu Maskiyem (jilbab abu-abu), saat menyerahkan paket sembako kepada para Lansia Senyum Ceria disaksikan Ketua Posyandu Lansia Senyum Ceria, Syamsul Ma’rif/ Achoel kamikawa (berkacamata)

Kedatangan Beliau sekaligus memberikan bantuan paket sembako kepada para lansia yang ada di Posyandu Lansia Senyum Ceria. Adapun jumlah lansia yang terdaftar di posyandu tersebut sebanyak 116 orang yang tersebar di 7 (tujuh) RT di Kelurahan Alalak Selatan.

” Jumlah lansia yang ada di 7 (tujuh) RT yang ada di Kelurahan Alalak Selatan, adalah lebih dari 350 (tiga ratus lima puluh) orang, namun yang bisa kami tampung di Posyandu Lansia Sentyum Ceria ini hanya sebanyak 116 (seratus enam belas) orang saja”, ujar Syamsul Ma’rif, S.Ag.,S.H, selaku Ketua Posyandu Lansia Senyum Ceria dan juga Ketua LSM Gempita Kalimantan Selatan yang berinduk di Jalan Mangga Besar Jakarta Pusat.

Achoel (sapaan akrab Syamsul Ma’rif) mengatakan bahwa ketidak tertampungan para lansia tersebut dikarenakan jumlah lansia yang ada sudah melebihi kapasitas.

”Sebenarnya jumlah lansia yang ada di posyandu kami, ini idealnya hanya berjumlah 40 (ampat puluh) orang saja, Karena bantuan finansial/ operasional berupa konsumsi dari pihak Kelurahan hanya untuk kapasitas 40 orang saja dengan bantuan dana sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) saja per kegiatan tiap bulannya”, ujar Achoel.

”Dari bantuan tersebut tidak termasuk beli air mineral, tissue, permen, administrasi berupa kertas, tinta, bbm dan lain-lainnya, kami disini dituntut harus ikhlas beramal, walau kaluar biaya pribadi, idealnya dengan jumlah lansia sebanyak 116 0rang tersebut adalah sebesar Rp. 1.500.000,-, itu hanya konsumsinya saja ya”, tambahnya.

Adapun alasan lainnya menurut Achoel kenapa tidak bias ditampung semua para lansia di 7 RT tersebut dikarena intensitas waktu yang tidak mencukupi, banyaknya obat yang dikeluarkan oleh pihak Puskesmas Alalak Selatan. Keterbatasan tenaga medis dan lain-lain.
(Foto: Ketua YBM Ibu Maskiyem, saat memberikan sambutan sebelum menyerahkan paket sembako).

Dalam kesempatan lain dalam kunjungan kegiatan ke Posyandu Lansia Senyum Ceria oleh Ketua Yayasan Baitul Mal (YBM) PT PLN UP3 Banjarmasin (Ibu Maskiyem) mengatakan ” Dalam kunjungan ini kami semua Karyawan PT PLN yang tergabung di dalam Yayasan Baitul Mal ini, telah mengumpulkan dana dari para karyawan PLN dengan menyisihkan pendapatan mereka berupa gajih untuk diberikan kepada mereka yang memerlukan bantuan, khususnya para dhu’afa, yatim-piatu, fakir-miskin, lansia tidak mampu dan lain-lain. Dan untuk hari ini Sabtu, 14 Oktober 2023 kami dari YBM telah memberikan paket sembako kepada para lansia yang ada di Posyandu Lansia Senyum Ceria sesuai dengan jumlah lansia yang ada di posyandu ini, semoga bantuan
ini dapat membantu meringankan biaya hidup para lansia dan semoga berkah”, kata Bu Maskiyem.

(Foto: Ketua YBM Ibu Maskiyem, saat memberikan sambutan sebelum menyerahkan paket sembako).

Dalam kesempatan itu Ibu Maskiyem juga mohon do’a untuk keselamatan para pekerja PLN di lapangan yang penuh resiko bahkan bisa kehilangan nyawa dalam menjalankan tugasnya dan minta halal juga minta ridha atas ketidaknyamanan pelayanan PLN selama ini. ”Kami ini hanya manusia biasa yang tidak luput atas kekurangan dan kekhilafan, walaupun kami sudah berusaha secara maksimal untuk memberikan yang lebih baik kepada semua pelanggan PLN”, ujar Beliau. ”Untuk itu kami mohon maaf yang sebasar-besarnya, minta halal dan mintab ridha serta mohon do’a semuanya agar kami semua diberikan keselamatan dalan menjalankan tugas yang penuh resiko ini’’, tambah Beliau lagi. ”Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih yang mendalam kepada Kepala Puskesmas Alalak Selatan, terutama para Petugas kesehatannya yang berkenan hadir memberikan pelayanan kesehatan kepada para lansia kami”, ujar Achoel, ”Kami juga mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Ketua YBM yang berkenan memberikan paket sembako kepada para lansia yang ada pada kami, semoga bantuan tersebut berkah dan bermanfaat. Saua ucapkan terimakasih juga kepada kepada semua kader lansia yang telah membantu kegiatan ini, semoga amal ibadahnyanya di terima Allah SWT. Aamiin Ya Rabbalin”, ujar Syamsul Ma’rif, S.Ag.,S.H selaku Ketua Posyandu Lansia Senyum Ceria dan Ketua LSM Gempita Kalsel.

Adapun kegiatan di Posyandu Lansia Senyum Ceria kali ini selain pengecekan/ pemeriksaan kesehatan gratis jua dilakukan pengobatan gratis, selain itu itu juga makan gratis dan pembagian paket sembako dari YBM kepada para lansia Senyum Ceria selain juga ceramah agama/ tausiah yang disampaikan oleh Al Ustadz Zainal Abidin (Imam Mushalla Al Muhajirin).

Di akhir kegiatan Achoel mengucapkan terima kasih yang dalam kepada semua petugas Puskesmas Alalak Selatan yang terlibat dalam penyelenggaraan Posyandu Lansia Senyun Ceria dan juga kepada Ketua YBM yaitu Ibu Maskiyem serta kepada semua kader lansia yang turut membantu hingga kegiatan berjalan sukses, aman dan lancar. (shalokalindonesia.com/na)

Editor: Erma Sari, S.pd

 

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *