JAKARTA, shalokalindonesia.com- Presiden Joko Widodo memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-26 ASEAN Plus Three (APT) yang digelar di Ruang Cenderawasih, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Rabu, 6 September 2023.

Dalam pidato pembukanya, Presiden mengajak Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, dan Republik Korea untuk menciptakan peluang kerja sama baru dalam pembangunan ekonomi hijau.

“Kita harus terus membuka dan menciptakan peluang-peluang kerja sama baru, di mana pembangunan ekonomi hijau dapat jadi salah satu prioritas ke depan,” ujar Presiden.

Presiden pun mengajak ketiga negara untuk menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan. Kepala Negara menilai bahwa peluang kerja sama tersebut akan terganggu jika perdamaian dan stabilitas kawasan tidak terjaga dengan baik.

“Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk memiliki rasa yang sama, memiliki kesadaran yang sama, untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan dengan terus menghormati hukum internasional,” tuturnya.

Lebih lanjut, Kepala Negara menghargai dukungan ketiga negara tersebut utamanya dalam ASEAN Indo-Pacific Forum yang penting bagi kemajuan dan pertumbuhan kawasan.

“ASEAN sangat menghargai dukungan RRT, Jepang, dan Republik Korea untuk pengembangan ekosistem EV baterai dan ASEAN Indo-Pacific Forum,” ucap Presiden. (shalokalindonesia.com/rls)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *