BANJARBARU, shalokalindonesia.com- Adalah Kalaan, sebuah desa dengan luas 93,64 kilo meter persegi berada di sisi timur Waduk Riam Kanan tepatnya Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan yang menjadi tujuan program “Exercise Disaster Response” dari PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) pada Selasa, 19 Desember 2023.

Wajah antusias terpancar dari General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin yang didampingi oleh Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum Sigit Fanani dan Ketua YBM PLN UID Kalselteng Moch. Ariyanto beserta rombongan yang hadir, kendati harus melewati perjalanan yang cukup panjang.

Untuk menuju ke lokasi, perjalanan dari Kota Banjarbaru perlu menempuh jalur darat kurang lebih 30 km, dilanjutkan mengarungi Danau Riam Kanan yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit menggunakan moda tranportasi speed boat, atau sekitar 1,5 jam jika menggunakan kelotok, sebutan perahu bermotor yang terdapat di perairan kalimantan yang dapat memuat lebih banyak penumpang ataupun barang logistik.

Kegiatan pemberian bantuan tersebut merupakan sebuah simbol komitmen atas kepedulian PLN terhadap peningkatan kesejahteraan dan perkembangan masyarakat, ujar Joharifin saat memberikan sambutannya.

“Hari ini adalah hari yang istimewa bagi kami, selain perjalannya yang luar biasa, kami juga merasa berbahagia bisa memberikan manfaat kepada masyarakat,” kata Joharifin.

Bekerja sama dengan Puskesmas Kec. Aranio, Srikandi PLN dan juga para relawan dari Universitas Lambung Mangkurat , kita bagikan paket sembako, pemeriksaan kesehatan gratis serta memberikan edukasi kepada anak-anak bagaimana cara menghadapi keadaan darurat bencana, sambung Joharifin.

Tak lupa, Joharifin sampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat, adalah para pegawai yang telah memberikan Zakat, Infaq dan Sadaqah-nya dengan tulus, hingga seluruh jajaran perangkat desa sehingga kegiatan dapat berjalan lancar.

“Terima kasih atas seluruh kerja sama dan usaha semua pihak, saya berharap kegiatan kepedulian seperti ini bisa memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat serta membawa dampak positif yang lebih besar lagi,” pungkas Joharifin.

Ketua YBM PLN UID Kalselteng, Ariyanto mengapresiasi atas hadirnya GM PLN UID Kalselteng pada kegiatan di Desa Kalaan tersebut.

“Kami mewakili YBM sangat berterima kasih atas hadirnya manajemen puncak PLN UID Kalselteng pada kegiatan hari ini, semoga akan memberikan manfaat dan menjadi penambah semangat kita semua,” ujar Ariyanto.

Melalui YBM, PLN serahkan 200 paket sembako dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada 200 orang serta layanan psikososial untuk 120 anak yang berasal dari Desa Kala’an serta 4 desa lain disekitar lokasi yaitu Desa Belangian, Desa Pa’au, Desa Benua Riam, dan Desa Artain, tutur Ariyanto.

“Melalui layanan psikososial, kami memberikan edukasi kepada anak – anak agar bisa lebih siap lagi menghadapi darurat bencana.” tutup Ariyanto

Sarni (45), Kepala Desa Kala’an turut mengapreasiasi YBM PLN atas bantuan dan kepedulian yang diberikan kepada warga desanya serta desa lain disekitar Kala’an.

“Terima kasih sebanyak-banyaknya kepada YBM PLN yang perhatian dengan desa-desa kami, semoga bantuan dan pelatihan yang diberikan mampu memberikan manfaat bagi warga kami, dan mampu meringankan sebagian warga kami yang sangat membutuhkan uluran tangan,” tutur Sarni.

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *