SHALOKALINDONESIA.COM, BATOLA- Rapat Paripurna DPRD Barito Kuala membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah kabupaten Batola, Jumat (24/3/2023).

PJ Bupati Batola, Mujiyat menyampaikan, ucapan dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD Batola untuk membacakan LKPJ akhir tahun anggaran 2022.

“LKPJ ini dapat memberi gambaran yang jelas terhadap penyelenggaraan pemkab Batola di tahun 2022, yang nantinya menjadi bahan evaluasi untuk mewujudkan pemerintahan dan pembangunan yang lebih baik, ” jelasnya

Ia bilang, LKPJ ini juga didasarkan pada peraturan pemerintah RI no 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah

“LKPJ ini juga sebagai suatu progress pertanggungjawaban, khususnya terkait dengan hasil capaian kinerja dari aktivitas pemerintah daerah dan pembangunan di Batola, ” tuturnya.

Ia menambahkan, ini ditetapkan pada kebijakan umum anggaran, prioritas dan pagu anggaran, yang kemudian diproyeksikan pada nota keuangan dan di finalisasi dengan APBD dan APBD Perubahan Pemkab Batola tahun 2022.

“Hasil kinerja yang dimaksud mencakup sasaran pembangunan yang secara substansional adalah skala prioritas program kegiatan, dengan volume kegiatan yang ditetapkan dan disesuaikan keberadaan faktor- faktor lingkungan strategis 2022,” katanya..

Ia menyebutkan, seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022 telah berlangsung dinamis, ini menunjukan adanya dinamika dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

“Untuk mencapai efektibitas secara finansial, kita tetap menerapkan prinsip kehati-hatian, artinya dalam implementasi anggaran belanja, kita tetap selalu berusaha mendasarkannya kepada out put daripada berbagai mekanisne dan tahapan perencanaan yang kita tempuh sebelumnya yaitu dengan penjaringan aspirasi masyarakat, penentuan arah dan kebijakan umum APBD,” Cetusnya.

Oleh karena itu, dari sisi pengeluaran daerah, kita telah berusaha secermat mungkin dalam menentukan setiap jenis pengeluaran, baik pada belanja aparatur daerah maupun belanja pelayanan publik serta lainnya

“Implementasi anggaran belanja selama 2022, telah dapat kita realisasikan pada pelaksanaan berbagai program dan kegiatan yang terbagi kedalam penyelenggara urusan wajib dan tugas pembantuan, ” ucapnya.

Lebih lanjut, pencapaian penyelenggara Pemkab Batola tahun 2022 diukur dari pencapaian pelaksanaan program dan kegiatan yang ditetapkan dalam Perjanjian kinerja.

“Meski masih terkendala Covid 19, Pemkab Batola telah berhasil memaksimalkan pengembangan potensi dan kekhasan daerah, ” tutupnya. (shalokalindonesia.com/na)

Editor: Erma Sari, S. Pd.
Ket foto: rapat paripurna. (Foto: na)

 

 

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *