BARABAI, shalokalindonesia.com- Ketua Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi, sambangi rumah seorang pengrajin anyaman purun nenek Busu Irul di Desa Walatung RT.5 Kecamatan Pandawan. Senin (8/4/2024).

Seperti diketahui, ini adalah kunjungan kali kedua setelah kunjungan pertama Ketua Dekranasda memberikan bantuan sebuah mesin cuci, dikarenakan selain sebagai pengrajin anyaman purun, nenek Busu Irul dan keluarga juga mengambil jasa cuci pakaian.

“Kedatangannya tersebut tak lain adalah karena simpati terhadap kegigihan nenek Busu Irul, dalam keterbatasan kemampuan dan penglihatan namun tetap gigih dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” ujar Cheri.

Nenek Busu Irul begitu panggilan akrabnya atau dikenal dengan panggilan nenek Akbar merupakan warga RT 5 di Desa Walatung dulunya adalah seorang Qori, dengan keterbatasan penglihatan tetap melakukan aktifitas sebagai pengrajin anyaman purun.

Saat menerima kunjungan Ketua Dekranasda HST, Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi, nenek Busu Irul banyak menceritakan tentang bagaiman dia dan anak-anaknya bertahan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan keterbatasan penglihatan seperti sekarang.

“Kegiatan menganyam purun menjadi rutinitas harian masyarakat di desa Walatung terutama Busu Irul sebagai salah satu penghasilan tambahan sehari-hari, disamping jasa cuci pakian, nenek Busu Irul pun masuk dalam kelompok pengrajin anyaman purun di Desa Walatung,” jelas Cheri.

Cheri merasa simpati atas kondisi nenek Busu Irul dalam keterbatasan penglihatan namun tetap gigih dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

“Mudah-mudahan Busu Irul panjang umur, tetap sehat, dan kita yang muda sudah sepantasnya banyak bersukur dan dapat mengambil pelajaran  kehidupan beliau sekeluarga, dengan keterbatasan kemampuan yang ada tetap bersyukur dan tetap bekerja keras dalam mencukupi kebutuhannya sehari-hari,” katanya.

Pada momen Ramadhan, dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri Cheri pun membawakan bingkisan kue dan sedikit bantuan dana yang diserahkan kepada nenek Busu Irul, sehingga mereka bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga.

“Terima kasih atas batuannya, terima kasih juga mau mengunjungi rumah kami di Desa  Walatung,” ucap Busu.

Pada kesempatan tersebut juga turut hadir Plt Camat pandawan Affaw Al Bagaq dan Ketua TP PKK Kecamatan Pandawan.

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *