Sambut HUT TNI AL ke 78, Lantamal Lepas Keberangkatan Tim Expedisi Mariti

JAKARTA, shalokalindonesia.com– Dalam rangka manyambut HUT TNI AL ke-78 Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIII Laksamana Pertama TNI Deni Herman, melepas Pemberangkatan Tim Expedisi Maritim Rute Merah Lantamal XIII Tahun 2023, yang berlangsung di Islamic Center, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (06/09).

Ekspedisi Maritim 2023 adalah sebuah perjalanan yang dibentuk oleh TNI AL di wilayah Kalimantan untuk membangkitkan semangat maritim sebagai salah satu upaya pembinaan territorial matra laut dalam rangka Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) serta dapat menggali dan menemukan jejak sejarah kejayaan TNI AL dan kejayaan maritim di masa lampau di route-route yang dilalui. Ekspedisi ini terbagi menjadi dua rute Merah dan Putih, dimana rombongan route putih telah diberangkatkan dari Pontianak beberapa waktu lalu.Dalam sambutannya, Danlantamal XIII menyampaikan bahwa Ekspedisi Maritim yang dilaksanakan TNI AL dalam memperingati HUT ke-78 TNI AL, tentunya sarat akan pesan. Keterkaitan dengan tugas dalam Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut serta mendukung visi Pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, merupakan pesan mulia yang akan disampaikan di sepanjang perjalanan

“Visi Indonesia sebagai poros maritim telah didengungkan Pimpinan Nasional kita. Masing – masing dari kita, seluruh komponen bangsa harus mengambil peran dalam mewujudkan visi itu, karena kejayaan itu ada disana”, pungkas Laksma TNI Deni.

Pada kesempatan ini, Ekspedisi Maritim Route Merah Lantamal XIII melaksanakan perjalanan dari Kota Tarakan yang dimulai dari Islamic Center beriringan dengan jajaran Forkopimda Kota Tarakan dan Club Otomotif sejumalah 70 kendaraan roda dua dan roda empat Kota Tarakan menuju Dermaga Mamburungan Mako Lantamal XIII. Kemudian dilepas melalui jalur laut menuju Tanjung Selor yang berakhir di Ibu Kota Negara (IKN) dengan melintasi berbagai etape sampai dengan tanggal 10 September 2023 mendatang.

Adapun ekspedisi ini akan melaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya Pembinaan Potensi Maritim, Bakti Sosial, Pengobatan Umum, Penanaman Mangrove dan Panggung Prajurit. Pada tempat terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa, ekspedisi ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada generasi penerus dan juga kepada masyarakat bahwa Indonesia adalah negara maritim, hal tersebut juga sesuai dengan yang disampaikan bapak Presiden RI bahwa visi negara kita adalah negara maritim.

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *