BATOLA, shalokalindonesia.com- Manasik Haji Massal Bagi Jama’ah Calon Haji Kab. Barito Kuala 1445 Hijriah di Masjid Nurul Anwar pada Kamis, (18/4) resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala Mujiyat yang diwakilkan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. H. Zulkipli Yadi Noor, M.Sc.

Pj. Bupati Mujiyat dalam sambutan tertulisnya mengucapkan minal aidin wal fa’izin mohon maaf lahir dan batin. Ucapan tersebut atas nama pemerintah kabupaten Barito Kuala serta dari diri pribadi pesannya.

Kemudian dalam sambutan tertulisnya, Mujiyat juga sampaikan ucapan selamat kepada jama’ah calon haji. Dikatakannya mendapatkan panggilan dari Allah SWT untuk berangkat menunaikan ibadah haji merupakan sesuatu yang sangat dirindukan oleh setiap muslim.

Ia pun kembali mengapresiasi terselenggaranya manasik haji karena menurutnya pelaksanaan ini menambah kesiapan para calon jama’ah haji.

“Kegiatan ini sangat penting sekali untuk diikuti oleh setiap jama’ah calon haji, juga memberikan banyak manfaat kepada setiap jama’ah terutama dalam memberikan pemahaman yang benar menurut syariat tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji,” pesan Mujiyat

Adapun penyelenggara manasik diikuti seluruh calon jama’ah haji sejumlah 202 orang jama’ah. Satu orang kepala kloter, satu orang kepala kantor Kementrian Agama Anwar Badani, satu orang ketua kesehatan haji dari anjir pasar dan satu orang perawat sehingga total 207 orang calon haji Barito Kuala yang mengikuti manasik massal. Menurut laporan Kasip PAU Khoirot, jama’ah insyaAllah akan berangkat akhir bulan mei atau awal juni tahun 2024.

“Penyelenggaraan manasik dilaksanakan sebanyak delapan kali di kecamatan pada dua titik yaitu wilayah satu dan wilayah dua. Wilayah satunya ada di Kubah Datu Somad dan Wilayah duanya di Kecamatan Alalak, Komplek Handil Bakti Indah. Juga kami melaporkan bahwa proses dokumen calon jama’ah haji sudah berlangsung beberapa tahap tinggal permohonan visa. Kami melaporkan bahwa untuk kesehatan tahap satu Medical Check Up sudah selesai semua, kemudian tahap dua tes kebugaran juga sudah selesai tinggal tahap kesehatan akhir nanti yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKI) di Asrama Haji,” lapor Kasip PAU Khoirot.

Pembukaan manasik haji di masjid Hijau tersebut turut dihadiri oleh Ulama, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimpda), PLT Kadis Kesehatan, Kepala Kemenag Kab. Barito Kuala, PLT Camat Marabahan dan Para Kepala KUA Se-Kab. Barito Kuala. (A.A/Foto: Winstory)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *