SHALOKALINDONESIA.COM, TABALONG– PT Astra Agro Lestari 1 Tabalong (AAL1) dinilai sebagai salah satu perusahaan yang mampu mengelola lingkungan dengan baik di perusahaan dan lingkungannya.

Atas kinerja bagus ini perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berhomebase di Kabupaten Tabalong, Kalsel,diganjar penghargaan khusus.

Penghargaan Proper Biru pun disematkan kepada anak perusahaan dari PT Astra Agro Lestari Tbk, atas ketaatannya menjalankan pengelolaan lingkungan sesuai dengan undang-undang dan regulasi yang berlaku.Penghargaan ini pun diberikan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan sebagai bentuk apresiasi luar biasa kepada perusahaan perkebunan tersebut.

Berdasarkan kinerja yang mampu menjalankan pengelolaan lingkungan dengan baik, sudah sepatutnya reward Proper Biru kembali diraih PT Astra Agro Lestari 1 Tabalong (AAL1). Hal ini selaras dengan Peraturan perusahaan yang taat hukum PT AAL1 selalu berupaya untuk sesuai dengan peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 3 tahun 2014 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Dalam peraturan tersebut dikatakan bahwa perusahaan wajib dilakukan evaluasi terhadap ketaatan dan kinerja melebihi ketaatan penanggung jawab usaha dan atau kegiatan di bidang pengendalian pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup serta pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun.

Safety Health Environment (SHE) PT AAL1, Gilang Nurdiansyah ,yang mewakili manajemen menerima penghargaan Proper Biru yang diserahkan langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana, ST, MT dalam acara Apresiasi Proper, di Hotel Novotel, Banjarbaru, Senin (20/03/2023).Penyerahan penghargaan ini juga disaksikan langsung Sekda Provinsi Kalimantan Selatan, Ir Roy Rizali Anwar.

Safety Health Environment (SHE) PT AAL1, Gilang Nurdiansyah, mengungkapkan mengaku bersyukur diberikan kepercayaan kembali menerima penghargaan bergengsi untuk sebuah kerja keras mengelola tata lingkungan yang baik oleh perusahaan tempat ia mengabdi bersama teman-temannya.

Diakuinya untuk mempertahankan proper biru merupakan hal yang tidak mudah, selain ada penilaian lapangan juga ada penilaian administrasi dan dokumen terkait pengelolaa Linkungan.

“Penghargaan ini merupakan hasil perjuangan bersama seluruh komponen perusahaan dan solidnya tim yang terlibat,” kata Gilang disela-sela penerimaan penghargaan.

Bagi PT AAL1 Tabalong sendiri hal ini juga berkat kerjasama yang terjalin baik dari semua pihak. Karena penghargaan proper biru tersebut juga tidak lepas dari peran serta dan kepercayaan pemerintah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong dan Provinsi Kalimantan Selatan kepada PT AAL1 dalam pengelolaan lingkungan.

Administratur PT AAL1 Tabalong, Unari Sarmidi sangat mengapresiasi semua tim yang terlibat. Menurutnya hal tersebut perlu dukungan dan ketaatan dari semua divisi dan bagian di PT AAL1 dalam menjalankan Standard Operational Procedure (SOP) yang ada di lingkungan perusahaan.

“Terima kasih kepada seluruh karyawan yang telah membantu dalam mewujudkan ketaatan untuk menjalankan SOP yang berlaku sehingga penghargaan proper biru bisa diraih kembal.Kami berharap komitmen dan konsistensi penerapan SOP internal dan regulasi pemerintah terkait pengeolaan lingkungan di lapangan tetap harus dijaga. Sehingga kedepannya PT AAL1 bisa mendapatkan proper hijau atau emas, karena mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan,” ujarnya. (shalokalindonesia.com/ si)

Editor: Erma Sari, S. pd

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *