SHALOKALINDONESIA. COM, BANJAR- Sebanyak 37 siswa SMA/SMK/MA negeri/swasta di Kabupaten Banjar lolos seleksi tahap akhir dan terpilih sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Banjar yang akan bertugas dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Seleksi tahap akhir ini digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Banjar (Bakesbangpol) di Aula Bakesbangpol, Minggu (19/3/2023).

Dalam seleksi ini, Bakesbangpol juga melibatkan personil Polres Banjar, Kodim 1006 Banjar, Dinas Kesehatan Banjar serta Anggota PPI Kabupaten Banjar.

Dari Jumlah 37 siswa tersebut, 10 siswa terbaik dan memenuhi kriteria akan dikirimkan ke Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengikuti seleksi calon Paskibraka Provinsi Kalimantan mendatang.

“27 siswa seleksi sesuai kriteria dari tim penilai akan berkesempatan menjadi bagian dari Paskibraka tingkat Kabupaten Banjar dan 10 (Sepuluh) orang calon Paskibraka dikirim ketingkat Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Kepala Bakesbangpol Kabupaten Banjar Safrin Noor melalui Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, Agama. Rusydah.

Sepuluh yang akan mengikuti seleksi calon Paskibraka Provinsi Kalimantan Selatan tersebut terdiri dari 5 orang putra dan 5 orang putri. Untuk putra meliputi Anfasa Aditya Utama (SMAN Banua Kalsel), Sandi Yuda Hardiyansah (MA Darul Hijrah Putra), Aditya Irfan Prasetyo (SMAN 1 Martapura), Thomas Abdul Azis (Man 3 Banjar), Terry Yaniku (SMAN Banua Kalsel) serta putri meliputi Tarisa Nayla Az Zahra (MAN 4 Banjar), Widy Fatikasari (SMKN 1 Martapura), Nisa Nahdiati (SMAN 1 Mataraman), Asha Kania Firda (SMA Darul Hijrah Putri) dan Mu’thiya Rahmah (SMKN 1 Simpang 4).

“Sepuluh siswa ini dipilih untuk mengikuti seleksi calon Paskibraka Provinsi Kalsel karena sudah sesuai dengan kriteria yang diminta oleh Provinsi Kalsel. Selain itu, kecerdasan dan konsentrasinya juga sangat bagus. Hal ini bisa dilihat saat mendengarkan aba-aba dari pelatih,” jelas dia.

Rusydah menjelaskan anggota Paskibraka Kabupaten Banjar yang lolos seleksi ini nantinya akan memulai latihan pada mendatang selama 14 hari kerja, latihan ini akan diakhiri dengan gladi bersih pada H-2 upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, tepatnya 15 Agustus 2023.

“Selama latihan, mereka akan dilatih oleh pelatih dari Kodim 1006 Banjar, Polres Banjar, Dinas Kesehatan dan PPI Banjar. Pada saat H-1 mereka kita beri waktu untuk istirahat sehingga pada waktu pelaksanaan pengibaran bendera dapat bertugas dengan baik dan penuh tanggung jawab,” pungkas dia. (shalokalindonesia.com/si)

Editor: Erma Sari, s.pd
Ket foto: seleksi paskibraka. (foto: MC Banjar)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *