BANGKA BELITUNG, shalokalindonesia.com- SMA Negeri 1 Simpang Rimba yang beralamat di Jalan Batin Tikal Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan melaksanakan penyaluran bantuan program jum’at berbagi di lapangan SMAN 1 Simpang Rimba.

Robi Pibra S.Pd selaku pembina osis mengatakan Program Jumat Berbagi adalah program sekolah berupa pembagian bingkisan peralatan sekolah dan keperluan lainnya kepada siswa-siswi dalam mendukung pembelajaran di sekolah.

Tujuan kegiatan ini yaitu berbagi dan menyambung silaturahmi antar sesama siswa-siswi. Kegiatan ini merupakan salah satu program pembiasaan yang ada di SMA Negeri 1 Simpang Rimba di setiap minggu yang sudah berjalan hampir 2 tahun.

Sebanyak 2 orang siswa kelas XII menerima bantuan pada kegiatan program jumat berbagi. Siswa-siswi tersebut bernama Rangga kelas XII IPS 1 dan Dea Imut kelas XII IPS 2. Bantuan yang diberikan berupa peralatan sekolah dan keperluan lainnya dalam mendukung pembelajaran di sekolah.

Bantuan tersebut tersedia berkat rutinitas OSIS dalam menjalankan program jum’at berbagi di setiap minggu di hari jum’at. Infaq dan sadaqah dikumpulkan dari siswa, guru dan pegawai SMAN 1 Simpang Rimba. Dana yang terkumpul selama satu minggu disalurkan secara langsung kepada siswa-siswi yang membutuhkan dan dibagikan setiap hari Jumat secara bergantian.

Kegiatan ini diawali dengan sumbangan sukarela setiap hari Jum’at yang berasal dari seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Simpang Rimba baik dari guru, staf TU, siswa_siswi dari kelas X, XI dan XII.

Tabungan setiap Jum’at ini diistilahkan dengan Tabungan Masuk Syurga (Tabasyur). Kegiatan ini senantiasa dilakukan untuk mengajarkan kepada siswa -siswi pentingnya berbagi satu sama lain dan peduli dengan sesama teman.

Yudi Sapriyanto S.Pd mengatakan semua siswa-siswi berinfaq dan bersedekah dengan uang sakunya. Uang hasil infaq dan sedekah para siswa-siswi dikumpulkan dan diberikan kepada mereka yang membutuhkan/kurang mampu. “Kita ingin ajarkan kepada siswa-siswi agar peduli dengan lingkungan dan berbagi dengan sesamanya,” pungkasnya Yudi Sapriyanto S.Pd.

Kedepannya, kegiatan ini selau akan digelar setiap pagi Jumat setelah senam dengan penerima siswa-siswi SMAN 1 Simpang Rimba yang membutuhkan secara bergantian setiap minggunya. Selain disalurkan untuk penerima internal sebagian infak harian tersebut juga dikumpulkan untuk disalurkan dikemudian hari pada pihak luar sekolah yang membutuhkan.

Penulis :putri rahmawati jurnalis smansa simba.

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *