KANDANGAN, shalokalindonesia.com– PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) melalui Unit Pelaksana Proyek 4 (UPP KLT 4) sukses melakukan sosialisasi pembangunan dan penyampaian nilai kompensasi right of way (ROW) SUTT 150kV Kandangan – Incomer 1 Phi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan.

Infrastruktur ketenagalistrikan tersebut merupakan penunjang keandalan sistem Gardu Induk 150kV Kandangan yang saat ini tengah dilaksanakan pembangunannya.

Bersamaan dengan sosialisasi yang berlangsung pada 11 dan 12 Oktober 2023 itu, turut dilakukan penyampaian nilai kompensasi ROW terhadap masyarakat pemilik yang terkena lahannya di Desa Karang Jawa Muka, Desa Tabihi dan Desa Pandulangan. Desa-desa tersebut merupakan jalur perlintasan SUTT.

Manager PLN UPP KLT 4 Haris Nasution menjelaskan, SUTT 150kV Kandangan – Inchomer 1 Phi ini memiliki jalur lintasan sepanjang 7,92 kilometer sirkit (kms) dengan 11 tower. Saat ini progres konstruksi infrastruktur kelisitrikan tersebut hampir rampung, tepatnya dalam tahap erection atau pendirian menara tower.

“Paralel dengan itu, kami telah berhasil melakukan sosialisasi kompensasi ROW, dimana sosialisasi ini penting untuk dilakukan karena pada kesempatan ini PLN menyampaikan bahwa kompensasi yang dilakukan mengacu pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dalam mekanisme pemberian nilai kompensasi,” papar Haris.

Dalam pelaksanaannya, PLN UIP KLT didampingi oleh Aparat Setempat mulai dari Kepala Desa Karang Jawa Muka, Kepala Desa Tabihi, Kepala Desa Pandulangan, Camat Padang Batung hingga Aparat Penegak Hukum seperti Kapolsek Padang Batung, Koramil Padang Batung, BINDA Koordinator Wilayah Hulu Sungai Selatan dan juga JPN Kejaksaan Tinggi Kalsel. Hal ini dimaksudkan agar seluruh rangkaian kegiatan pembangunan dipastikan berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan.

Sosialisasi yang dilakukan PLN UIP KLT pun mendapat dukungan dari masyarakat sekitar. Masyarakat menyampaikan komitmen untuk mendukung pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di HSS yang dibuktikan dengan pemberian izin kerja untuk PLN.

Sementara itu, General Manager PLN UIP KLT Josua Simanungkalit menyampaikan, bahwa PLN berkomitmen untuk mendukung pembangunan daerah dengan menyediakan pasokan listrik yang andal. Dengan tersedianya pasokan listrik yang andal, maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Josua mengapresiasi kerjasama dan dukungan yang diberikan kepada PLN oleh seluruh pihak, mulai dari Aparat Pemerintah Setempat hingga Forkopimda dan Aparat Penegak Hukum di lingkungan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, serta segenap insan PLN yang berjuang siang dan malam dalam upaya pembangunan ini.

“Pembangunan proyek PLN ini mendukung amanat Proyek Strategis Nasional (PSN) oleh pemerintah yang diperuntukkan dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui bidang infrastruktur ketenagalistrikan,” pungkas Josua.

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *