SHALOKALINDONESIA.COM, BENGKULU— Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dikenal hanya dikalangan wartawan saja, sudah saatnya kita memperkenalkan KEJ ini di masyarakat luas.

Hal itu disampaikan, ketua umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Firdaus saat membuka acara pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) mandiri di Gedung Serba Guna Pemerintah Provinsi Bengkulu di Kota Bengkulu, Sabtu (18/3/2023) kemarin.

Kata dia, KEJ ini seharus diperkenalkan di sekolah-sekolah maupun instansi, terkhusus di sekolah. Merekalah generasi baru yang diharapkan mampu menerima informasi dengan kritis dan paham tentang pers.

“Tujuan memperkenalkan KEJ kepada masyarakat supaya masyarakat dapat membedakan informasi hasil kerja jurnalistik dan informasi media sosial yang kadang-kadang semua dianggap benar. Selain itu masyarakat supaya mampu mengontrol dan mengawasi cara kerja wartawan,” katanya

Menurutnya, peserta UKW diikuti 86 peserta dari 10 Kabupaten di Bengkulu.

“Program ini merupakan program tahunan SMSI Bengkulu dalam rangka meningkatkan kualitas wartawan media siber. UKW ini juga diikuti wartawan dari berbagai media, tidak hanya dari media anggota SMSI, tapi juga dari berbagai asosiasi organisasi pers lainnya,” jelasnya.

.
Dekan FIKOM, Saifullah menyampaikan, UKW ini sangat penting dalam kejurnalistikan, karena di dalam UKW, ada materi kode etik jurnalistik, hukum pers hingga pedoman pemberitaan

“Bagi kami penyelenggaraan UKW adalah wajib. Kami bekerja sama dengan SMSI sejak 2019, sudah banyak yang kami uji,” ujar Saifullah yang juga ketua lembaga Uji UKW Fikom Universitas Prof Dr Moestopo.

Sementara itu, Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, Fahriza Razie menyampaikan, kita perlu SDM yang handal, berdaya saing tinggi dan kompetensi yang dibutuhkan.

“Terutama yang dibutuhkan saat ini, yaitu kritis, komunikatif maupun kreatif. Sehingga sertifikat kompetensi wartawan merupakan keharusan untuk dimiliki bagi para jurnalis,” katanya.(shalokalindonesia.com/si/rls)

Editor: Erma Sari, S. Pd
Ket foto: Ketua Umum SMSI. Firdaus. (Foto: Smsi)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *