SHALOKALINDONESIA.COM, TAPIN- Darsyah (55) seorang warga Ds. Bungur Baru Kec. Bungur Kab. Tapin yang sebelumnya dilaporkan telah tenggelam di sungai Tapin, akhirnya ditemukan tim SAR gabungan, pada Minggu (19/3/2023).

Korban ditemukan sudah dalam kondisi meninggal. Tim SAR gabungan menemukan korban pada jarak sekitar 200 meter dari lokasi kejadian sekitar pukul 11.58 WITA, dalam posisi mengapung di sungai.

Koordinator Lapangan, Duwi Agustono mengatakan, tim SAR gabungan menemukan korban pada hari kedua pencarian. Selanjutnya setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, korban diserahkan kepada pihak keluarga di rumah duka.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, lanjut Agus, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU air untuk menyisir aliran sungai Tapin kurang lebih 2 KM kearah hilir dari titik LKP dengan menggunakan perahu karet.

SRU air pertama, melakukan pencarian dari lokasi kejadian dilanjutkan menuju ke titik A di koordinat 2° 57′ 37.37″ S 115° 9′ 2.23″ E. SRU air 2 melanjutkan pencarian menuju ke titik B di koordinat 2° 58′ 1.76″ S 115° 9′ 13.11″ E.

Tim SAR gabungan juga mengerahkan personel untuk melakukan pengamatan di darat dan menyebarluaskan informasi kejadian hanyutnya korban kepada warga sekitar.

“Penyebarluasan informasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan upaya pencarian korban. Jika ada warga yang melihat korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada petuga SAR gabungan,” kata Agus.

Dengan sinergitas yang solid dari Tim SAR Gabungan ( Basarnas, Polsek, Koramil, BPBD, Damkar, Tagana, Tim Rescue Tapin (TRT), BPK Raha, BPK HSS, Baling-Baling Rescue, Al Husna, PMI, Masyarakat Setempat serta keluarga korban) akirnya korban dapat kita temukan pada hari kedua ini.

“Saya ucapkan terimakasih banyak kepada seluruh unsur SAR yang terlibat dan semoga kita selalu kompak dan solid untuk kemanusiaan,” tutup Al Amrad Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan. (shalokalindonesia.com/si/rls)

Editor: Erma Sari, S. Pd
Ket foto; penemuan korban. (Foto: si)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *