SHALOKAL. INDONESIA, JAKARTA — Ribuan orang datang dan puluhan kamera televisi, dari dalam dan luar negeri, menyiarkan secara langsung peringatan HUT ke-50 PDI-Perjuangan di Jakarta Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1). Semua menantikan siapa calon presiden dari PDI-Perjuangan yang diperkirakan akan diumumkan Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Namun dalam pidato selama lebih dari satu jam itu, Megawati sama sekali tidak menyebut nama. Ia mengatakan tidak terburu-buru karena masih mempertimbangkan untuk menyiapkan kader terbaik harus dipersiapkan dengan matang.

Namun Megawati mengisyaratkan bahwa calon presiden yang akan diusungnya berasal dari kader PDI-Perjuangan. Ia mengkritisi partai politik yang mengusung orang di luar partai untuk menjadi calon presiden 2024 karena sedianya partai mempersiapkan kadernya untuk menjadi pemimpin lewat kaderisasi. Partai, tegasnya, harus menjadi pengusung calon presiden, bukan sekedar pendukung.

“Kalau kayak gini konotasinya sepertinya partai kayak tidak punya kader. Padahal sudah jelas pemilu itu ada calon itu harusnya ada. Jadi pertanyaan saya mau bikin partai itu untuk apa? Jangan lupa itu organisasi partai politik jadi terang dong internalnya harus mempersiapkan. Saya tidak tahu kalau di tempat lain mempersiapkan itu apa namanya. Kalau di kita (PDIP) sudah jelas itu kader,” ujar Megawati.

Di tempat yang sama, Presiden Joko Widodo yang juga merupakan kader PDI-Perjuangan, menilai belum diumumkannya calon presiden pilihan partainya merupakan sikap hati-hati. Jokowi mengatakan senang dengan pernyataan Megawati yang menyebut calon presiden untuk pemilu 2024 akan berasal dari kader sendiri. Ia mengajak seluruh kader PDI-Perjuangan untuk sabar menunggu nama calon yang akan diumumkan.

Saya sangat senang sekali tadi Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri menyampaikan bahwa calonnya (presiden) adalah dari kader sendiri. Bu Mega dalam memutuskan betul-betul sangat hati-hati, betul-betul tenang dan tidak grusa-grusu,” kata Jokowi.

Jokowi merujuk pada perjalanan PDI-Perjuangan yang telah menjadi partai yang matang karena telah jatuh bangun menjadi partai yang besar dan sekaligus kekuatan pemersatu bangsa. (SI/VOA)

Editor: Erma Sari, S.Pd
Ket foto: ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato pada peringatan HUT ke-50 PDI Perjuangan di Jakarta Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 10 Januari 2023. (YouTube/screengrab)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *