BALANGAN, shalokalindonesia.com– BASARNAS Buka Kegiatan Pembinaan SAR Community bidang teknik pertolongan di permukaan air bagi TRC-PB Kabupaten Balangan di aula inspektorat Tumenggung jalil Kabupaten Balangan (28/08/23).

Kegiatan dibuka oleh Direktur Bina Potensi Basarnas, Drs. Moch. Hernanto, M.M., dihadiri juga oleh Bupati yang diwakili oleh sekretaris daerah kabupaten Balangan, Bapak Sutikno M.A.P, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Balangan serta Kepala Basarnas Banjarmasin.
Kegiatan berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 28-30 Agustus 2023, untuk materi kelas bertempat di aula inspektorat Tumenggung jalil Kabupaten Balangan selama 2 hari dan praktek simulasi Grub Exercise akan dilaksanakan di sungai Desa Hujan Mas Kec. Lampihong Kabupaten Balangan.

Kegiatan SAR Community diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari TRC-PB Kabupaten Balangan. Drs. Moch. Hernanto M.M dalam sambutannya menyebut bahwa melihat situasi sekarang, dengan adanya pembinaan sar community ini adalah sebagai wadah atau kesiapsiagaan kita semua dalam mengantisipasi musibah, baik kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan jiwa manusia, kegiatan ini melibatkan narasumber dari Personel Kantor Basarnas Banjarmasin.

Menurutnya, dengan kerjasama ini, basarnas saat ini bergotong royong pentahelix, yaitu partisipasi yang sangat penting di lingkungan pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan media melakukan langkah percepatan untuk mengatasi/memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan sar.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pembinaan sar bagi komunitas yang kita laksanakan pada kesempatan ini.

Materi Pembinaan SAR Community pada kesempatan kali ini berupa pengenalan dasar bidang teknik pertolongan di permukaan air. harapan saya seluruh peserta mampu mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga terwujudnya pemahaman dan keterampilan dasar sar bagi komunitas guna meningkatkan kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat. tutup DIREKTUR BINA POTENSI BASARNAS, DRS. MOCH. HERNANTO, M.M., (HMS -SAR/BJM)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *