BANJARBARU, shalokalindonesia.com– Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Khatimah menghadiri Sidang Senat Terbuka Dies Natalis ke-40 dan Wisuda Sarjana ke-35 Universitas Achmad Yani (UAY) Banjarmasin tahun 2023 di Aula Hotel Roditha Banjarbaru pada kamis (21/12) pagi.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Kalsel, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan, Pemerintah Kota Banjarbaru, serta perwakilan perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di Kalimantan Selatan.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Khatimah, Paman Birin menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh civitas akademika UAY atas terselenggaranya acara tersebut. Ia juga menyampaikan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya.

Paman Birin mengatakan, UAY Banjarmasin telah berhasil melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan menguasai keterampilan serta keahlian yang dibutuhkan Banua. Paman Birin berharap para lulusan UAY Banjarmasin dapat menjadi agen perubahan dan berkontribusi terhadap pembangunan Kalsel.

“Lulusan UAY harus menjadi agen perubahan yang mampu menciptakan lapangan kerja baru dan inovasi yang dapat meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia,” ujar Paman Birin.

Paman Birin juga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia tengah mengalami bonus demografi, di mana jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dari usia non-produktif. Bonus demografi ini merupakan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk mencapai kemajuan, namun juga tantangan bagi para sarjana.

“Sebagai sarjana muda, kalian memiliki tanggung jawab untuk ikut andil dalam memanfaatkan bonus demografi ini. Jadilah agen perubahan yang mampu menciptakan lapangan kerja baru dan inovasi yang dapat meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia,” kata Paman Birin.

Selain itu, Paman Birin juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalsel terus mengembangkan berbagai program untuk meningkatkan kualitas SDM dan pengembangan potensi ekonomi, khususnya bagi pelaku usaha baru.

“Kita tentu berharap agar perkembangan wirausaha di Provinsi Kalimantan Selatan terus meningkat. Peran wirausahawan dalam perekonomian Indonesia adalah membuka lapangan kerja baru. Dengan adanya sebuah bisnis baru, akan ada banyak peluang lapangan kerja untuk masyarakat,” ujar Paman Birin.

Paman Birin berpesan kepada para wisudawan agar tidak berhenti melahirkan inovasi, terjun langsung ke lapangan, dan membantu mewujudkan kemandirian Banua.

“Jangan berhenti melahirkan inovasi, terjun langsung ke lapangan, bantu wujudkan kemandirian Banua, dan tingkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ilmu yang sudah kalian peroleh,” pungkas Paman Birin.

Sementara itu, Rektor Universitas Achmad Yani Banjarmasin, Dr. Ir. Hastirullah Fitriah, MP, menyampaikan bahwa saat ini UAY memiliki 6 fakultas dan 10 program studi. Semua program studi telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat B.

“Kami bangga bahwa seluruh program studi di UAY Banjarmasin telah terakreditasi dengan peringkat B. Ini menunjukkan bahwa UAY telah memenuhi standar mutu pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah,” ujar Hastirullah.

Hastirullah menyampaikan pada tahun ini, kami meluluskan sebanyak 267 orang dalam acara wisuda. Mereka berasal dari berbagai fakultas yaitu Fakultas Ilmu Administrasi sebanyak 38 orang, Fakultas Teknik sebanyak 43 orang, Fakultas Ekonomi sebanyak 46 orang, Fakultas Pertanian sebanyak 52 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 61 orang, dan Fakultas Hukum sebanyak 27 orang.

Hastirullah juga menyampaikan bahwa UAY Banjarmasin akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan layanannya. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan visi UAY Banjarmasin menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami berharap UAY dapat terus menjadi pilihan utama bagi para calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di Kalsel” tutupnya. (rfq/adpim)

Foto : Rifki

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *