SHALOKINDONESIA.COM, BANJARMASIN- Bank Indonesia Kalsel Bakal Siapkan Tukar Uang Rp 2,79 Triliun selama Ramadan dan Idul Fitri.

Hal itu disampaikan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel Wahyu Pratomo, Selasa (21/3/2023).

“Dalam rangka memastikan tersedianya uang Rupiah dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai bagi masyarakat pada periode Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2023,” jelasnya.

Bank Indonesia meluncurkan kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) sebagai strategi pemenuhan uang Rupiah periode Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2023.

“Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Bank Indonesia telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp195 Triliun, naik 8,22% dan realisasi tahun 2022 dengan 5.066 titik layanan penukaran uang di berbagai Perbankan dan BPR seluruh wilayah Indonesia. Titik layanan ini bertambah 377 titik dan tahun sebelumnya, ” jelasnya.

Kata dia, antisipasi kenalkan ini mempertimbangkan pencabutan status pelonggaran pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat dan juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pembayaran transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital.

“SERAMBI merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas pada kepada masyarakat periode Ramadan dan Idulfitri 2023. tiga framework BI dalam melakukan pengelolaan uang rupiah yang dioptimalkan menjelang hari raya, pertama ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya, kedua sistem distribusi uang yang efisien dengan layanan kas prima dan ketiga adalah infrastruktur, ” terangnya.

Ia bilang, pelaksanaan SERAMBI 2023 di Provinsi Kalimantan Selatan sendiri akan di isi dengan berbagai kegiatan diantaranya Kas Keliling, Kas Keliling Bersama Perbankan (KALIBER), Kas Keliling Susur Sungai, Kas Keliling Pasar Wada, Penukaran dan Layanan Penukaran Drive thru

Ia menambahkan, pada tahun 2023, kegiatan penukaran uang KPW BI Provinsi Kalimantan Selatan tersebar di 207 bbk yang terdiri dari 185 tbk di Perbankan dan 22 titik di BPR.

“Jangkauan layanan kepada masyarakat juga diperluas melalui Kas Keliling Bersama Perbankan (KALIBER) yang hadir di tiga kota yaitu Banjarmasin, Barabai dan Kotabaru, ” tuturnya.

Selanjutnya dapat kami informasikan, bahwa kebutuhan uang kartal masyarakat Kalimantan Selatan pada Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2023 diperkirakan sebanyak 2,79 T. Proyeksi ini mengalami kenaikan sebesar 3,02% jika dibandingkan realisasi tahun lalu. (shalokalindonesia.com/na)

Editor: Erma Sari, S. pd
Ket foto: wawancara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel Wahyu Pratomo. (foto: na)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *